Minggu, 14 Oktober 2012

Pantai - Pantai Indah Nias



1. Pantai Asu











    Dalam bahasa Jawa kata asu berarti anjing. Kata asu juga sering digunakan sebagai umpatan atau cacian terhadap orang lain. Namun lain halnya di Nias, di daerah ini kata asu digunakan untuk menamai sebuah pulau kecil dengan pantainya yang cantik, yaitu Pulau Asu. Pulau terpencil ini termasuk dalam Kepulauan Hinako dan merupakan salah satu pulau terluar Indonesia. Luas pulau ini kurang lebih 18 km2, dengan penghuni tetap sekitar 20 kepala keluarga.


    Bagi Anda yang ingin melepaskan diri dari rutinitas kehidupan kota yang membosankan, pulau ini memberi semua yang Anda inginkan. Situasi yang tenang, nyaman, serta keramahan warga setempat, akan membuat Anda betah tinggal berlama-lama di Pulau Asu. Di Pulau ini Anda dapat melakukan berbagai aktivitas, mulai dari berjemur di pantai, berenang, tracking keliling pulau, memancing, hingga surfing.


   Meskipun lokasi Pulau Asu sangat terpencil dan jauh dari fasilitas yang mewah, hal ini tidak mengurangi minat wisatawan untuk berkunjung. Hal itu terlihat dari animo wisatawan yang datang ke sana. Mereka tidak hanya berasal dari Indonesia, banyak di antaranya merupakan wisatawan mancanegara.

B. Keistimewaan


Pulau Asu memiliki pantai yang sangat indah dengan air laut yang jernih serta butiran pasir putih yang lembut. Sejauh mata memandang, terlihat birunya langit yang bertemu dengan birunya laut di batas horison. Nyiur pohon kelapa yang melambai tertiup angin berpadu dengan irama ombak, menjadikan suasana terasa damai dan tenang.

Di pantai ini Anda dapat berjemur, berenang, menyelam, atau hanya sekadar bermain-main saja. Sedangkan bagi Anda yang suka berselancar, pantai ini merupakan tempat yang tepat untuk Anda. Ombak di tempat ini bisa mencapai ketinggian 3–4 meter, sehingga sangat bagus untuk berselancar. Namun Anda juga harus berhati-hati, karena di beberapa tempat pantai ini memiliki karang-karang yang tajam.


2.Pantai Moale





Pantai ini memiliki garis pantai yang lurus dan panjang. Bagi para pelancong titik ini menjadi obyek yang wajib dikunjungi.Jaraknya sekitar 2 jam perjalanan darat dari

Teluk Dalam, atau sekitar 3jam perjalanan dari Gunungsitoli,di pantai ini berdiri cafe dan beberapa gubuk kecil berkapasitas enam sampai delapan orang untuk sekedar duduk-duduk menikmati indahnya laut...

3. Pantai Carlita




Pantai Charlita terletak di Desa Afia, Kec. Gunung Sitoli Utara. Jaraknya kurang lebih 12 – 14 km dari kota Gunung Sitoli. Karena jaraknya yang dekat, pantai ini menjadi tempat favorit warga sekitar berekreasi. Aksesnya juga mudah dengan petunjuk jalan yang jelas. Objek wisata yang baru berdiri 2006 lalu ini awalnya adalah pantai yang sepi. Namun Charlita Zega yang saat itu melihat potensi wisata akhirnya mengelola pantai ini dan memberi nama Pantai Charlita. Dari tahun ke tahun berbagai fasilitas dan wahana dibangun untuk menyediakan tempat wisata all-in-one.
Memasuki pantai Charlita pemandangannya sungguh indah. Pantainya bersih, pasirnya putih dengan pohon-pohon kelapa disekitar. Angin sepoi-sepoi dan gulungan ombak yang cukup besar membuat makin menariknya pantai ini. Beberapa gardu pandang di pinggir pantai bisa anda gunakan untuk berteduh atau sekedar berkumpul menikmati indahnya pantai Charlita. Namun Charlita bukan pantai biasa. Ada banyak wahana lain yang patut dicoba. Misal saja Karaoke. Anda bisa menikmati Karaoke TV yang disediakan disini dengan tarif antara Rp. 50.000 – 80.000 per jamnya. Ingin berolahraga juga bisa. Ada kolam renang dan hall badminton. Kolam renang semi waterboom ini memiliki beberapa wahana seperti Giant Bucket yg menumpahkan ratusan liter air dari atas atau seluncur dari ketinggian. Air yang digunakan asli air laut, jadi gunakan kaca mata renang agar mata tidak perih. Bahkan akan ada kolam terapi air laut yang berkhasiat menyembuhkan asam urat dan tulang.

4.Pantai Lahewa




Sejumlah objek wisata pantai di Lahewa, Kabupaten Nias Utara paling ramai dikunjungi warga saat liburan., Objek wisata pantai itu, ramai dikunjungi warga karena air laut yang jernih dan masih memiliki keindahan alam.

   Warga yang mengunjungi lokasi itu tidak dipungut biaya, karena belum memiliki petugas wisata secara resmi dari pemerintah daerah,

Setiap hari Minggu Pantai Turögalökö ramai dikunjungi. Pemerintah mencanangkan pantai ini sebagai lokasi pariwisata.

Di lokasi pantai terdapat sejumlah speedboat yang membawa pengunjung mengitari sebuah pulau yang terletak sekitar 2 kilometer dari bibir pantai. Disana pengunjung dapat melihat puluhan monyet liar yang menghuni pulau itu.





5. Pantai Sirombu








6. Pantai Walao Telukdalam



 Pantai yang terletak didaerah terpencil ini mempunyai panorama Alam yang indah dan airnya yang transparan  kekarang laut, selain itu pantai ini mempunyai dermaga kecil dengan pohon pohon kelapa yang berbaris rapi melengkung tidak hanya itu dipantai walo ini punya Batu besar dengan ombak yang kuat sehingga kita merasa tertantang untuk mendekatinya.




7.Pantai Sorake






photo










   Pantai Sorake di Nias Selatan juga bagus untuk dikunjungi dan menikmati saat matahari terbit. Di bulan Juni/Juli banyak turis bertandang untuk berselancar karena ketinggian ombaknya yang bisa mencapai 10 sampai 12m.

Pantai sorake juga menyajikan terumbu terumbu karang yang sangat indah dipandang. Tempat penginapan berupa hotel maupun cottage juga tersedia di sekitar pantai indah ini. Jika sudah sampai Nias jangan lupa datang ke Sorake menikmati suguhan ombak yang menakjubkan dan juga kekayaan sejarah budaya setempat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar